Perjalanan Modifikasi Federal Street Cat 550

Sepeda ini dibeli Ayah saya saat sepeda Federal booming pertama kali, sekitar tahun 1984. Sebagai salah satu tipe Federal awal, StreetCat 550 ini belum memiliki serial number pada framenya. Desain Federal Street Cat masih menganut model frame MTB jadul. Dengan bentuk top tube flat, rata khas road bike. Bandingkan dengan frame MTB sekarang yang top tube nya dibuat sedikit miring ke atas. Namun demikian, justru inilah alasan saya sulit move on ke sepeda lain. Desain top tube yang flat ini membuat streetCat begitu fleksibel buat dimodifikasi. Hanya dengan sedikit gonta-ganti handle bar, ban, hub dan brake level,  frame Federal ini bisa berubah jadi sepeda touring, fixie, clasic commuter, street look, road bike, hingga gravel.



Berikut ini perjalanan modifikasi si kucing jalanan saya, dari awal beli hingga sekarang ini:

Versi Original Federal Street Cat 550

Dalam versi originalnya, sepeda Federal StreetCat 550 saya setidaknya tetap bertahan selama 23 tahun, sejak saya SD sampai SMA kelas 1. Sepeda ini setia mengantar saya bike to school. Sampai akhirnya membelikan saya sepeda motor Force One untuk saya pakai sekolah. Jadilah sepeda ini nganggur karena mulai jarang saya pakai.

Sepeda Federal Street cat 550 original
Sepeda Federal Street Cat 550 original

Selepas kuliah, saya bekerja di sebuah Yayasan yang kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Karena dekat, terlintas dalam pikiran saya untuk kembali bersepeda. Saya cari sepeda ini di gudang. Ternyata kondisinya masih bagus. bahkan ban luar masih layak pakai. Saya cuci bersih dan gosok bagian-bagian chrome dengan alumunium foil hingga karat yang ada rontok tak bersisa. Saya salut dengan kualitas cat sepeda Federal yang mumpuni. bayangkan saja, dengan usia setua itu, kualitas catnya tidak menurun. Tidak ada warna yang memudar sama sekali. Untuk setting RD dan FD terpaksa saya serahkan ke bengkel sekalian stel rem dan roda.

Saat itu si kucing mendapatkan modifikasi pertamanya, saya coba ganti handle bar dari versi originalnya yang flatbar saya ganti ke model riser standard warna chrome supaya tetap terlihat klasik. 
 
Saya memilih memakai stang jenis riser karena : 
  • Bisa membuat posisi duduk saya sedikit lebih tegak. 
  • Karakternya yang lebih mampu meredam getaran, membuat mebuat tangan dan bahu tidak cepat capek dan pegal. 
Sengaja saya memilih stang yang tidak terlalu lebar, mengingat jalur yang saya lewati 70% nya berupa jalanan aspal, 20% makadam dan 10% tanah. Stang pendek akan memudahkan saya saat bermanuver di jalan raya.

Ganti stang riser lebih nyaman saat dipakai B2W
 
 
Modifikasi Federal Jadi Sepeda Touring

Tahun 2017, pindah kerja. Kantor baru saya jaraknya sekitar 10 kilo dari rumah, dengan jalan yang sedikit menanjak waktu berangkat. Karena mulai bosan dengan tampilan si streetCat, saya ingin memodifikasinya jadi sepeda touring jarak dekat, dengan tema army look biar lebih gagah. Kebetulan merek Federal ini memang banyak dicari untuk dijadikan bahan sepeda touring karena framenya yang terkenal kuat tapi cukup ringan. Mula-mula saya preteli part-part yang ada. Bermodal tutorial dari youtube, saya cat ulang frame sepeda saya dengan cat semprot merk samurai paint. Ban saya ganti dengan yang lebih slim SWALLOW DELI TIRE - BLACK ALL 26 X 1.50  (edisi cari yang murah). Di market place harganya sekitar 70 ribuan. Ukuran ban ini sudah yang paling kecil yang bisa masuk di rim asli bawaan street Cat. Terakhir gara-gara thumb shifter aslinya patah, akhirnya saya ganti handle rem asli dengan model brifter jadi shifternya menyatu dengan brake lever. Hasilnya lumayan, seperti gambar dibawah ini. 

Stang saya kembalikan ke flatbar. Berhubung stang aslinya hilang, terpaksa beli baru bahan alloy merk missile. Sudah lumayan malah lebih ringan. Ditambah bar end (tanduk) buat variasi pegangan. Bar end ini ternyata sangat berguna untuk menjaga tangan kita tidak mudah lelah. Saya suka meletakkan pegangan di posisi bar end ini. Rasanya lebih nyaman. Saat ditanjakan, posisi tangan di bar end juga membuat kita lebih mendapatkan power saat mengayuh pedal. Aksesoris tambahan berupa boncengan belakang dan pasang fender (slebor) depan belakang. Sadel saya ganti dengan merk vertu.

Federal Street cat 550 modifikasi touring

Federal Touring Bike Army Look

Biaya modifikasi:

  • Cat ulang 2 kaleng samurai paint + 1 kaleng epoxy + 1 kaleng clear Rp. 200,000,-
  • Sticker decal Rp. 20,000.-
  • Sticker scotlite army 15cm Rp. 10,000.-
  • Fender depan belakang beli di Bukalapak Rp. 115,000.-
  • Dudukan belakang (besi) Rp. 60,000.-
  • Bar End Rp. 25,000.-
  • Stang Flat bar merk missile (alloy) Rp. 60,000,-
  • Briefter Rp. 75,000.-
  • Sadel merk Vertu Rp. 75,000.-
  • Ban luar DELI TIRE - BLACK ALL 26 X 1.50 Rp. 80,000,- sepasang


Berubah Jadi Sepeda City Bike Classic Commuter

Memasuki 2019 streetCat bertransformasi lagi. Sekarang ganti stang memakai model mustache handle bar milik sepeda jengki. Alhasil posisi duduk jadi tegak layaknya sepeda commuter. posisi ini membuat si street Cat jadi sangat nyaman saat dibawa gowes santai maupun bike 2 work. karena tujuannya hanya ingin merubah posisi riding, maka tidak banyak perubahan yang saya lakukan. Hanya sebatas ganti handlebar serta lampu depan belakang untuk safety riding.

Federal Street Cat 550 Classic Commuter Bike
 
Biaya Modifikasi: 
  • Stang bekas sepeda jengki Rp. 10,000.-
  • 2 Lampu LED Rp. 36,000,-

Berubah Jadi Street Look

2020 gara-gara melihat film Premium Rush, jadi tertarik buat upgade jadi sepeda minimalis khas sepeda fixie. Tapi berhubung masih sayang dengan multigear dan tidak terlalu suka dengan fixed gear, maka untuk berganti gaya jadi street look minimalis, cukup dengan mengganti handlebar ke model bullhorn saja. Karena brifter saya tidak cocok di pasang di stang bullhorn, shifter saya ganti pakai milik sepeda roadbike retro, yang dipasang di bottom tube. Hasilnya kabel-kabel jadi lebih rapi. Brake level saya ganti pakai tuas rem bekas sepeda anak untuk mengejar tampilan cokpit yang lebih simple dan minimalis. Seandainya dananya ada sebenarnya saya ingin ganti brake level dengan model Time Trial Brake Levers. 

Federal Street Cat Bullhorn Bar

Tampilan cokpit dengan bullhorn bar

Fender dan aksesoris lainnya saya copot. Sadel saya ganti dengan yang ada busanya. Sebenarnya sadel lama merk Virtu enak buat dipakai, tidak mudah pegal dan tidak panas. Tapi karena desainnya yang bolong-bolong membuat air nyiprat ke celana bawah (akibat fender saya copot).

Hasilnya seperti foto di atas simple minimalis. Mendekati tampilan sepeda Wilee (Joseph Gordon-Levitt) di premium rush (menurut saya).

Sepeda Fixed Gear di film Premium Rush
Sepeda punya Wilee (Premium Rush)

Hasil modifikasi sepeda Federal Street Cat 550

Federal Street Cat 550 Bullhorn bar

Biaya modifikasi:

  • Stang bullhorn non merk alloy Rp. 60,000.-
  • Kabel rem Rp. 20,000.-
  • Shifter Balap jadul Rp. 75,000.-
  • Bar tape pakai ban bekas (gratis)
  • Brake Lever sepeda anak 10,000.-

Kena racun Sepeda Gravel

Tahun 2021 sepeda gravel mulai naik daun. Ingin modifikasi si street Cat dengan tampilan gravel. Agak susah saat hunting dropbar sepeda gravel. Bukan barangnya tidak ada, tapi lebih padaharganya yang mahal. Maklum, buat urusan modifikasi sepeda, saya termasuk aliran kere hore. Setelah hunting sana-sini, akhirnya saya putuskan beli dropbar steel yang panjangnya sekitar 140cm, meskipun bukan berjenis gravel tapi oke lah. Selesai dropbar sekarang tinggal beli brake lever road bike buat dipasang di stang yang baru. Saya pilih yang model inner cable supaya nanti tetap tampak rapi disembunyikan dibalik bar tape. Sementara karena ini edisi budget pas-pasan, untuk bar tape saya tetap pakai ban dalam bekas saja. Saya potong selebar 2 cm lalu saya balutkan ke dropbar. Sebenarnya ban luar akan lebih keren lagi jika memakai ban khusus gravel. Akan kelihatan lebih fungsional dan gagah. Tapi saya memilih kembali memakai ban luar MTB yang pertama kali dulu saya pasang, sebelum saya ganti dengan yang slim. 


Sepeda Federal Gravel

 

Setelah dropbar dipasang ternyata ada masalah dengan panjang stem. Stem bawaan federal street Cat ternyata terasa kepanjangan saat saya letakkan posisi tangan di hood. Jadi akhirnya saya ganti stem dengan yang lebih pendek dengan size diameter bawah 21.1 mm.

Accessories kere hore lagi-lagi pakai ban dalam bekas. Dibuat gelang untuk holder raincoat di handlebar.

Jadilah sepeda semi gravel jadi-jadian ini. Dengan stang dropbar biasa, tanpa rem cakram, karena masih mengandalkan si cantilever bawaan Federal. Apakah puas? ya puas lah. Tinggal cari jalur blusukan saja.


Biaya modifikasi:

  • Stem bangau Rp. 30,000.-
  • Brake Lever drop bar (bekas) Rp. 70,000.-
  • Dropbar steel non merk Rp. 55,000.-
  • Kabel rem 15,000.-
  • Bar tape (gratis)

Terbukti kan kalau sepeda Federal street Cat ini cocok dijadikan bahan untuk membangun beberapa jenis sepeda. Jika ditanya mana modifikasi yang paling saya sukai. Secara tampilan saya paling suka dengan tampilan minimalis bullhorn. Tapi masing-masing modifikasi punya sensasi ridingnya sendiri-sendiri. Dan sekarang saya masih menikmati Federal rasa Gravel saya.

 

Posted in , , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by Lite Themes.