Membangun Sepeda Federal Street Cat untuk Commuter Harian

Pada hari itu saya menemukan sepeda lama saya yang tersimpan di gudang. Sepeda Federal merk Street Cat 550 produksi PT Federal Cycle Mustika (FCM), sebuah anak usaha Astra Group. Sepeda ini dibeli Ayah saya sekitar tahun 1986. Entah sudah berapa lama sepeda itu teronggok di gudang. Mungkin sudah lebih dari 20 tahun tersimpan, diam menunggu hari bisa kembali berlari. Saya ingat terakhir kali rutin memakai sepeda ini saat masih duduk di bangku SMP. Namun semenjak masuk SMA perannya mulai banyak diganti oleh Sepeda motor Yamaha Force 1, sampai akhirnya sama sekali tidak dipakai atau tepatnya dipensiunkan, masuk gudang. Sepeda itu sempat saya pakai kembali setelah lulus kuliah dan bekerja di sebuah yayasan. Sayangnya itu hanya berjalan beberapa bulan saja.

Sepeda Federal Street Cat 550
Sepeda Federal Street Cat 550
Menemukan kembali Federal lama seperti gayung bersambut. Selain sepeda Federal terkenal dengan kualitas pengerjaannya yang tidak diragukan lagi, kebetulan saat itu saya memang sedang ingin membeli sepeda untuk digunakan sebagai commuter harian. Apalagi atmosfer Kota Solo yang semakin ramah sepeda, ditandai dengan dibangunya beberapa jalur khusus sepeda dan beberapa fasilitas penunjang bagi para pesepeda. Setiap pagi, apalagi hari minggu banyak sekali pesepeda lalu lalang di jalan dekat rumah, kebetulan rumah saya ada di sekitar jalur gowes menuju waduk cengklik. Di sini lah keinginan untuk kembali bersepeda mulai timbul dan semakin menggebu. Nah dari pada membeli sepeda baru, kenapa tidak memakai sepeda Federal lama ini saja.

Saya rasa Sepeda Federal StreetCat sangat tepat untuk dijadikan alat commuter sehari-hari. Sepeda Federal Street Cat sendiri juga dikenal memiliki beberapa variasi tipe seperti 550, mg30, Federal Street Ccat 2000, Federal Street Cat Ultra dan type SS. Saya tidak tahu apa perbedaan dari masing-masing seri tersebut. Kebetulan punya saya termasuk seri paling awal 550. Spesifikasi tipe ini memang termasuk superior di jamannya. Dengan sedikit modifikasi, tentu hasilnya akan lebih dari cukup menjawab kebutuhan Saya. Ada beberapa alasan yang mendasari saya memiliki pendapat seperti itu:

Frame

Sebagai alat transportasi harian, kekuatan frame (durable) jauh lebih penting dibandingkan dengan ringan atau beratnya sepeda. Salah satu ciri ciri federal street cat adalah Frame original yang menggunakan bahan hi-ten steel tube. Bobotnya memang cukup berat, namun frame besi ini terkenal kuat sehingga cocok juga untuk dijadikan sepeda touring. Las yang digunakan lebih kuat dari pengelasan motor, dengan las argon tig, yang dikerjakan secara handmade. Menurut FCM pengetesan vibrasi frame dilakukan hingga 1 juta kali dan sejauh tes diadakan tidak terjadi apa-apa dengan frame-frame Federal. cat masih original dan belum kusam. Kualitas decalnya memang luar biasa. Hanya saja sticker sudah sedikit mengelupas di beberpa tempat.

Meskipun termasuk jenis MTB, namun Federal Streetcat 550 ini memiliki karakter yang cenderung mengarah ke roadbike. Hingga nyaman untuk dipacu on road maupun untuk melibas track XC (cross country) atau offroad ringan. Ukuran geometri CT 19.5″ dan CC 21.5″ dari sepeda ini membuat saya tidak mudah lelah saat mengendarainya, meski sudah mengayuh sepeda dalam jangka waktu yang lama.

Fork

Fork depan masih rigid bukan suspensi seperti kebanyakan MTB sekarang yang berjenis Hardtail. Ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa saya menyebutnya sebagai MTB rasa roadbike. Pilihan fork rigid ini kebetulan cocok dengan karakter jalanan yang akan sering saya lalui, yaitu jalur perkotaan yang hampir 90% berupa jalan aspal dengan beberapa tanjakan dan turunan. Jadi untuk saat ini saya juga akan tetap mempertahankan fork tetap rigid. Jika diganti dengan front suspension justru akan menambah beban kayuhan terutama saat melibas tanjakan. Sebenarnya bisa diakali dengan memilih jenis fork suspensi yang memiliki kunci (lock). jadi ketika kita melibas trek tanjakan, suspensi depan kita kunci sehingga tidak bergerak naik turun. Agar saat kita  menanjak kemudian melakukan kayuhan, tenaga yang disalurkan ke crank tidak terbuang sia-sia. Suspensi depan (fork) yang statik akan membuat energi yang disalurkan ke sepeda menjadi lebih optimal. Jika ingin mengganti Fork depan Federal Street Cat dengan suspensi, salah satu yang paling cocok adalah RST Capa size non-OS tipe ulir.

Crank Set

Sepeda federal Street cat sudah menggunakan Crank set 28-38-48T jadi chainring tertinggi 48T tidak seperti kebanyakan sepeda MTB menggunakan chairing 42T. Dengan chainring depan sebesar itu top speed sepeda ini bisa mendekati kecepatan sepeda balam (road bike) yang biasanya menggunakan Crack 52T - 60T. saat saya coba, sepeda ini memang memiliki karakter yang cukup agresif dan enak buat diajak ngebut. Crank model triple 28-38-48T ini sudah sangat tepat untuk keperluan commuter. Dimana medan jalannya tak semuanya datar mengupgrage kombinasi Cassete ke tipe roadbike justru akan merepotkan. Crank set 28-38-48T dirasa tepat karena memiliki karakter kecepatan mendekati roadbike namum juga masih ringan saat diajak menanjak.

Apa saja yang perlu ditambahkan dan diganti:

Agar lebih mumpuni untuk diajak beraktifitas sehari-hari maka ada beberapa komponen yang ingin saya tambahkan atau upgrade, antara lain:

Hub & Freehub

Ketemu masalah pada freehub yang oblak, kadang sampai mengunci hingga roda belakang tidak bisa berputar. Setelah dicek kemungkinan besar harus ganti bearing. Yang jadi persoalan adalah, Federal StreetCat produksi 1986 menggunakan SunTour four notch freewheels. Untuk membukannya diperlukan kunci sproncket khusus yang tidak banyak bengkel memilikinya. Sudah beberapa bengkel yang saya datangi akhirnya menyerah karena kunci tersebut.

Sejak 1986 Freewheels SunTour menggunakan 4 notches
Whelset

Rim merk Araya yang dipakai kebetulan masih berbahan besi. Untuk mengurangi berat sepeda mungkin nanti akan saya ganti dengan material alumunium.

Ban orisinil masih menggunakan kembangan pacul atau profil kasar khas MTB yang memiliki daya cengkeram baik untuk melaju di jalan tak rata.
Mengingat rute yang akan saya lalui hampir 90% berupa aspal, maka tipe ban ini menjadi kurang cocok. Saya menggantinya dengan  ban semi gundul atau slickagar dengan maksud untuk mengurangi gesekan ban dengan jalan. mengingat buged yang sangat terbatas, maka pilihan ban Luar jatuh pada Swallow 26 x 1.50 Wired. Harganya hanya sekitar 50.000,- Dengan kembangan yang lebih halus dan ukuran yang lebih ramping, ban seperti ini bisa mengurangi gaya gesekan hingga laju sepeda bisa lebih fektif dan efisien. Selain itu ternyata juga cukup awet dan tidak cepat habis. Sebenarnya ada merk lain yang lebih bagus seperti Maxxis atau Kenda, namun harganya kurang ramah di kantong. Saat mencoba di jalan aspal memang saya merasakan perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan ban originalnya. Pun ketika saya coba untuk off road ringan di jalan kering juga terasa ringan dan tidak licin. Tapi belum saya uji di jalan tanah basah. Semoga tetap mumpuni.

Fender

Fender penting untuk dipasang supaya terhindar dari cipratan air dan lumpur saat menggowes, apalagi saat musim hujan. Masih binggung apakah mau beli atau mau kreasi sendiri.

Handlebar

Stang federal street cat original berjenis flat bar (stang lurus) dengan panjang sekitar 52cm. Saya rasa ukurannya terlalu panjang, Jadi akan saya ganti dengan handlebar yang lebih pendek supaya lebih lincah saat dibawa melibas jalur sempit dan menerobos kemacetan. Ada tiga alternatif setang untuk touring ini: drop down (setang model balap), bull-horn (setang model fixie), atau butterfly. Sebenarnya saya lebih prefer ke model bull-horn. Model ini memungkinkan kita memiliki  lebih banyak variasi dalam memegang stang, ini akan mengurangi capek dan meminimalisir cidera pergelangan tangan. Selain itu penambahan bar end juga akan membantu kita saat melalui tanjakan. Jadi daripada harus keluar dana lagi untuk membeli stang baru, saya akan tambahkan saja tanduk (Bar End) pada stang. Toh fungsinya sama.

Sadel

Sebenarnya sadel orisinil bawaan sepeda street cat ini sudah cukup enak. Tapi untuk rute yang panjang dan makan waktu lumayan lama, sadel akan menjadi kurang nyaman. Pengalaman waktu mencoba gowes lebih dari 30 KM pantat jadi panas. Selain itu kulit covernya sudah mulai mengelupas dan licin akibat jam terbang sudah terlalu lama.

Fitting

Setelah semuanya siap, tahap terakhir yang masih perlu dilakukan adalah fitting. Seperti baju, sepeda juga perlu fitting untuk menemukan cocok.  Langkah pertama adalah mengatur posisi ketinggian Seatpost dan Sadel sesuai tinggi badan kita. Untuk mendapatkan kayuhan yang maksimal, kuncinya adalah posisi kaki haruslah hampir lurus saat anda telah diatas sadel dan telapak kaki dipedal arah pedal jam enam (180%). Untuk memperoleh hasil yang akurat, cobalah ambil garisan ukur panjang kaki anda, ukur panjang dari telapak kaki hingga pangkal selangka anda. Setelah itu ukur panjang Crank leght (lengan crank), misal panjang kaki yang didapat  85cm dan panjang crank lengt 25cm dijumlahkan jadinya 110cm. Kemudian silahkan tarik keatas hitung dari poros BB (Bottom Bracket) dengan panjang yg diperoleh tadi hingga saddle, silahkan sesuaikan tinggi saddle dengan ukuran yang diperoleh. Ukuran ini adalah titik maksimal ketika kaki kita mengayuh sepeda.

Federal Street Cat 550
 Cat, decal, dan masalah karat

Karena terlalu lama dibiarkan begitu saja digudang, selain debu tebal, beberapa bagian sepeda juga mulai berkarat. Frame Federal memang tidak mendapat treatment khusus untuk anti karat dari pabriknya. Untuk menghilangkan karat dibagian sepeda yang dilapisi chrome seperti rims dan handle bar, saya cukup menggunakan kertas alumunium foil. Caranya yaitu dengan menggosokan kertas alumunium foil yang sudah sedikit dibasahi ke bagian chrome yang berkarat. Dengan cara murah ini karat yang menempel di lapisan chrome akan hilang dengan mudah, sepanjang karatnya belum menggerus terlalu dalam.

Yang paling membuat saya berdecak kagum dari sepeda ini adalah kualitas pengecatannya yang sangat bagus dan tidak asal-asalan dalam pengerjaannya. Meskipun sudah sangat berumur tapi catnya masih mengkilat dan sama sekali tidak kusam. Meskipun ada beberapa goresan dan sedikit mengelupas, tapi itu akibat jatuh atau terkena benturan saat pemakaian. dan itu menurut saya wajar. Kualitas cat yang mumpuni ini disebabkan karena proses pengecatan dilakukan melalui 4-5 tahap: cat dasar, cat tambahan, cat utama, decal, coating. Proses pengecatan Federal adalah murni didesain oleh FCM, menggunakan spraygun yang memang khusus untuk menciptakan warna dan corak berbeda-beda tersebut.  Jadi saya akan pertahankan saja cat aslinya. Setidaknya sampai saya merasa bosan.

Ok semua sudah siap tinggal dipancal untuk test drive. Saya berharap sepeda ini bisa menjadi all terrain vehicle (ATV) atau all weather vehicle, yang bisa saya andalkan sebagai sarana commuter sehari-hari. Anti mogok, bahkan saat melibas banjir (selama dengkulnya tidak mogok).

Salam Gowes

Posted in , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by Lite Themes.