Memiliki sepeda Federal adalah kebanggaan tersendiri. Sebagai salah satu merk sepeda yang melegenda, sebenarnya saya ingin menjaga orisinalitas MTB StreetCat 550 yang saya miliki. Tapi seiring dengan waktu, setelah cukup lama dipakai gowes dan B2W, banyak spare part yang mulai aus, hingga harus diganti demi keamanan dan kenyamanan. Mulai dari RD yang sudah mati, sprocket hingga sifter yang patah gara-gara jatuh. Memang sulit menjaga Federal tetap orisinil. Beberapa part sudah sulit ditemukan bahkan ada yang sudah tidak diproduksi. Karena itulah sengaja part lama saya ganti sekalian dengan model teknologi terbaru agar maintenance ke depan lebih mudah.
Berhubung sudah tidak lagi orisinil, jadi kepikiran untuk sekalian mencat ulang si Bejo supaya terlihat semakin fresh dan modern. Meskipun sebenarnya cat yang lama kondisinya masih bagus karena standar kualitas pengecatan sepeda Federal yang mumpuni. Tapi seiring dengan lamanya jam terbang pemakaian, di beberap bagian frame, catnya sudah terkelupas akibat benturan atau tergores. Terutama di daerah down tube dan fork depan. Jadi mumpung musin kemarau sepertinya masih panjang, saya bermaksut cat ulang sepeda ini, supaya saat musim hujan tiba, frame sudah terlindung aman dari kemungkinan karat / korosi.
![]() |
Hasil akhir Army look bicycle |
Federal StreetCat cat asli sebelum repaint |
Meskipun banyak jasa repaint sepeda di Solo, namun dalam rangka menghemat anggaran, dan mencoba pengalaman baru, maka rencana pengecatan ulang Sepeda Federal StreetCat 550 kali ini akan saya kerjakan sendiri. Proses pengecatan kali ini akan melalui beberapa tahapan, mulai dari pengelupasan cat lama, melapisi frame dengan cat dasar epoxy, cat inti, sampai tahap terakhir varnish atau clear. Dimulai dengan proses melepaskan Frame. Pertama part-part sepeda saya copoti satu persatu hingga tinggal framenya saja. Kesempatan ini saya gunakan sekalian untuk mengecek bearing dan bottom branked. Saat melepas part, terutama rem, pastikan masing-masing bagian disimpan dikelompokan sendiri-sendiri, jika ada mur dan baut, lebih baik dipasangkan kembali ke part yang ada supaya tidak tercecer saat akan dirangkai kembali.
Proses pengelupasan cat lama
Untuk membuang cat lama saya memakai paint remover / soda api demi menyingkat waktu. Namun perlu hati-hati ketika membuka tutup soda api karena sering gebos, gasnya muncrat jika terkena mata bisa sangat berbahaya. Saya mengalami waktu membuka tutup soda api, tiba-tiba ngejoss muncrat. sewaktu kena kulit rasanya gatal dan panas. Kareena itu demi keamanan, saya sarankan untuk memakai baju lengan panjang, celana panjang kalau perlu sarung tangan dan kacamata saat menggunakan paint remover.Untuk pengaplikasiannya cukup mudah:
- Setelah tutup dibuka, tuangkan secukupnya ke wadah yang sudah disiapkan.
- Gunakan kuas yang biasa untuk mencat. Besar kuas disesuaikan dengan kebutuhan. Celupkan kuas lalu oleskan paint remover ke permukaan frame sepeda.
- Tunggu beberapa saat (sekitar 10 menit) hingga cat seperti terbakar, jika dempul bergelembung
- Gunakan kape/scraper untuk mengupas cat atau dempul.
- Setelah cat rontok semua, cuci frame dengan air dan sabun, lalu keringkan sampai kering.
- Amplas dengan amplas halus, lalu cuci dan keringkan sekali lagi.
Pengaplikasian cat dasar / cat Epoxy primer
Hari kedua, saya mulai menyemprotkan cat epoxy primer/dasar menggunakan cat primer merk samurai paint. Warna cat dasar ada aturannya, jadi tidak boleh sembarang pilih. Untuk Cat dasar warna solid biasa, seperti biru, merah atau hijau gunakan cat dasar warna putih atau grey, sedangkan untuk warna-warna metalik atau candy gunakan warna silver. Untuk pekerjaan ini, pastikan tempat repaint frame sepeda usahakan berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, bersih dan bebas debu.Saya butuh satu kaleng primer epoxy aerosol untuk mencat frame dan fork depan. Pertama-tama cukup saya aplikasikan satu lapisan tipis dan rata pada seluruh permukaan frame, lalu saya biarkan kering di tempat yang hangat tapi bukan dijemur langsung dibawah sinar matahari. Sekitar 30 menit, saya ulangi proses tersebut sebanyak 3 kali. Setelah itu frame saya biarkan selama dua hari, dikarenakan ada pekerjaan lain yang harus dikerjakan.
Cat inti
Dua hari kemudian, saya mulai mencat frame sepeda Federal dengan warna hijau cerah. Sedangkan fork depan saya beri warna hitam doff. Sebenarnya ingin saya cat dengan cat army green, tapi kok terkesan kurang cerah. Cara repaint cukup mudah. Proses pengecatan sama dengan waktu pengaplikasian cat dasar. Saya lakukan tiga kali pengulangan agar cukup tebal.Saya biarkan kering selama satu hari penuh. Esoknya frame saya gosok dengan kompon putih supaya menkilap.
Menambahkan sticker
Berhubung decal sepeda federal streetCat yang asli ikut hancur saat proses repaint, maka demi tetap menjaga identitas sebagai sepeda Federal, saya coba mencari decal sepeda federal di internet. Mau tetap pakai decal StreetCat 550 tapi kok sepertinya tidak cocok dengan konsep yang baru, jadi saya beli stiker Federal universal. Yang penting tetap ada tulisan Federalnya.
Agar kesan army look semakin terlihat saya memadukannya dengan scotlite motive army / military. Dengan tampilan doreng tentara, sepeda saya tampil lebih gagah.
![]() |
Hasil akhir pengecatan MTB tema Army Look |
Penggunaan clear coat/ pernis
Proses pengecatan yang terakhir adalah mengaplikasikan cat clear / pernis agar cat lebih awet dan menkilap. Agar lebih praktis saya beli clear coat langsung jadi merk samurai paint. Jadi tidak perlu ribet dengan proses mencampur dll. Tinggal semprot saja. Setelah dilapisi clear coat otomatis stiker decal dan scotlite ikut terlindungi.Hasil akhir mungkin tidak sesempurna produksi bengkel repaint frame sepeda profesional, namun saya puas dengan hasil karya tangan sendiri.