Sepeda Besi tidak Kalah dibanding Sepeda Mahal

Bukan untuk menghibur diri karena kebetulan hanya punya sepeda besi. Namun sedikit ingin menunjukan bahawa bukan material frame yang menentukan kualitas sebuah sepeda, namun ada banyak faktor yang sebenarnya justru lebih menentukan dibandingkan sekedar masalah berat sebuah frame.

Mari kita ulas berbagai opini yang selama ini beredar seputar sepeda berbahan frame high ten steel / besi. Tulisan ini sebagian bersumber dari pengalaman pribadi. Sebagian lagi berasal dari pengalaman orang lain yang saya rangkum dari berbagai sumber.

hi ten steel bicycle frame
Hi ten Steel

Frame besi itu berat

Masalah berat memang menjadi salah satu penyebab utama kenapa frame besi mulai ditinggalkan dan semakin kurang diminati. Kalau soal bobot, frame besi memang paling berat dibandingkan dengan bahan frame yang lain. Bahkan bobotnya hampir tiga kali berat frame berbahan alloy apalagi carbon. Jika berat menjadi pertimbangan, maka frame besi bisa menjadi pilihan terakhir. Sebagai contoh sepeda lipat. Bobot frame menjadi pertimbangan utama untuk sepeda jenis ini, mengingat sepeda lipat harus cukup ringan untuk dibawa saat melakukan mix commuter. Itulah mengapa Hi ten hanya digunakan untuk produksi sepeda lipat low end. Untuk masalah berat, frame besi memang kalah.

Frame Hi-Tensile steel bermasalah dengan tanjakan

Mitos soal tanjakan banyak yang berpendapat kalau frame besi itu terlalu berat hingga membuat sepeda susah diajak melewati tanjakan. Memang ada korelasi antara bobot sepeda dengan efektivitas dan efisiensi riding. Tapi pengaruhnya tidak terlalu besar. Sepeda yang ringan hanya enak untuk digowes pada route jalan menanjak dan panjang. Sedangkan untuk soal tanjakan selain pengaruh dengkul dan skill pesepeda, pengaruh terbesar justru terletak pada Groupset, geometri frame, diameter roda dan pengaruh suspensi yang digunakan. Apakah sepeda itu jenis rigid, hardtail atau fullsus. Jadi bukan karena berat frame.


Paimo di puncak Kilimanjaro dengan sepeda besinya
Source: http://www.bandits.id

selama B2W saya sendiri sering melihat banyak sepeda alumunium keluaran baru maupun roadbike yang disalip sepeda Federal saat ditanjakan. legenda bikepacker Indonesia Mas Paimo (Bambang Hertadi Mas) saja menggunakan sepeda besi Federal 26" saat menaiki puncak Gunung Kilimanjaro (5.896 mdpl) di Afrika.

Kita juga bisa melihat video youtube dari Andreas Fabricius dan Axel Carion pesepeda profesional dari Perancis yang tengah dalam misi memecahkan rekor dunia bersepeda selama 58 hari melintasi Amerika Selatan, yang tidak berdaya  ketika tiba-tiba disalip seorang pesepeda warga lokal saat melalui tanjakan.


Sepeda frame High Tensile Steel kalah cepat dibanding Alloy dan Carbon

Bagaimana Dengan performa Kecepatan? Apakah benar semakin ringan bobot sepeda, berarti semakin cepat larinya? Saya rasa tidak juga. Baik berat maupun material frame tidak akan memberikan perbedaan yang signifikan terhadap kecepatan sepeda. Dari sisi sepedanya sendiri, yang paling berpengaruh terhadap kecepatan sebenarnya terletak pada faktor engine room yaitu Groupset dan wheelset yang dipakai. Komponen engine yang lebih baik akan membantu kita gowes lebih kencang. Sedangkan yang paling menentukan justru dari sisi ridernya. Dengan latihan, kecepatan kayuhan bisa ditingkatkan.

Contoh nyata pengalaman tim sepeda Federal yang ikut di Ajang BITC Sentul 2015 yang diikuti sekitar 5000 pembalab sepeda. Mereka berhasil finish di peringkat ke 6. Padahal saat itu, Federal Indonesia adalah satu-satunya team yang menggunakan sepeda berbahan besi dalam perlombaan ini, sedangkan lawanya rata-rata menggunakan sepeda standart balap yang berbahan carbon.


Sepeda Besi Federal di ajang BITC Sentul 2015


Masalah durabilitas frame besi yang dianggap tidak tahan lama mudah berkarat dan keropos

Besi memang paling rentan terhadap korosi/karat, namun dengan penanganan yang baik, karat tetap bisa dicegah. Terbukti sampai saat ini kita masih menemukan banyak sepeda besi jadul merk Federal mondar-mandir di jalanan, Bahkan komunitasnya semakin berkembang dan aktif melakukan Jamnas. Ini membuktikan bahwa Frame besi itu memiliki umur pakai sangat lama, bahkan bisa jauh lebih lama dibanding bahan frame lainnya selama dirawat dengan benar.


BaliBicycle Pro pernah melakukan riset dari berbagai website, pe-touring lintas negara dan berbagai sumber. Mayoritas memilih sepeda dengan frame steel karena memiliki kekuatan dan umur yang sangat panjang. Sehingga mereka tidak perlu risau dengan keadaan sepedanya saat melewati jalan rusah hingga medan yang extrem sekalipun.

Source: www.hipwee.com
Riding Quality

Kecuali karena sugesti, sebenarnya dari segi riding quality antara frame Hiten yang berat dibandingkan dengan Alloy maupun carbon yang ringan tidaklah begitu mencolok dirasakan. Apalagi jika sepeda hanya digunakan untuk sarana komuter harian, B2W, atau sepeda santai, dengan kondisi jalan yang kebanyakan landai, Anda tidak akan merasakan perbedaan antara bahan frame yang ada. Kecuali jika sepeda digunakan untuk kompetisi tentu sedikit perbedaan saja akan medapatkan perhatian yang besar.

Frame besi mampu meredam getaran dengan baik 

Peredam getar bahan baja juga terkenal paling bagus dalam meredam getaran. Itulah alasannya kenapa fork rigid yang bagus sering terbuat dari baja. Untuk sepeda Federal yang berbahan besi  hi-ten, chromoli dan trimoli, pengetesan vibrasi frame dilakukan hingga satu juta kali dan sejauh tes diadakan tidak terjadi apa-apa dengan frame-frame Federal.

Kesimpulan

Dari uraian di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa frame Hi-ten sebenarnya tidak kalah dibanding dengan material frame yang lain. Kecuali hanya untuk masalah berat dan korosi. Untuk beberapa hal frame besi justru memiliki keunggulan dibanding yang lain, antara lain:
  • Harga frame sudah pasti jauh lebih murah. 
  • Sangat kuat, awet (umur pakai yang sangat lama), tidak mudah patah. Sifat besi yaitu sebelum patah, besi akan bengkok dulu. Jadi biasanya paling cuma bengkok atau penyok saja, Untuk memperbaiki rangka baja tidak menjadi masalah. 
  • Masih bisa diperbaiki jika rusak. Hampir setiap tukang las bisa mengelasnya jika patah. Ini berarti biaya perawatan juga murah dan mudah. 
  • Bahan baja juga terkenal paling bagus dalam meredam getaran. 
Jadi kita tidak perlu minder dengan sepeda besi yang kita miliki. Justru kita harus bangga dengan keberadaannya. Frame besi dengan engine yang tepat bisa memberikan performace yang bisa dibanggakan. Sepeda yang ringan diangkat belum tentu nyaman dan tangguh digowes.
Hi Ten Federal military look
Hi Ten Federal military look

'Its NOT about the Bike'. Get one if you want to, but dont kid yourself the bike will make you faster in itself. 
--  Lance said ---

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by Lite Themes.