Panduan Ringkas Frame Sepeda Chromoly

Chromoly adalah jenis rangka besi (steel) yang biasa digunakan dalam konstruksi frame sepeda karena rasio kekuatan-terhadap-beratnya yang tinggi. Chromoly menggunakan paduan bahan material chromium alloy dan juga molybdenum, yang membuatnya lebih tahan lama dan lebih ringan dari jenis baja lainnya. Bahan ini memiliki kualitas kekuatan dan ketahanan karat yang lebih baik daripada frame besi baja biasa (hi-ten steel). Rangka baja chromoly dikenal dengan penyerapan goncangan yang sangat baik, yang menjadikannya pilihan populer untuk sepeda touring, sepeda gunung, rangka sepeda BMX dan gravel. Jika Anda mencari rangka sepeda berkualitas tinggi, rangka baja chromoly layak dipertimbangkan. Ini adalah pilihan bagus untuk pengendara yang mencari bingkai yang kuat dan ringan. Namun, perlu diingat bahwa ada faktor lain yang perlu diperhatikan saat memilih sepeda, seperti tujuan penggunaan, ukuran, dan kecocokan.

INDEX

Sekilas Tentang Chromoly

Frame Chromoly

Material Chromoly sering dinyatakan dalam dengan kode 41xx sesuai dengan standard SAE (Society of Automotive Engineers). Dimana dua angka terakhir menyatakan persentasi Cr dan Mo dimana semakin tinggi angkanya berarti semakin tinggi kadarnya. Untuk komponen dan rangka sepeda biasanya dipakai kode AISI 4130 atau 4140. Memiliki unsur material : Carbon : 0,30% ; Mangan : 0,50% ; Chromium : 1% ; Molybdenum : 0,20% ; sisanya Ferrous. Kita banyak menjumpai kode tersebut di tubing-tubing sepeda chromoly. Frame sepeda Federal dengan bahan chromoly memiliki kode C termasuk salah satu frame sepeda yang diburu. Sedangkan sepeda Polygon yang memberi istilah Ferro tech untuk frame yang memakai bahan chromoly.

Salah satu produser Chromoly terbesar yaitu perusahaan Reynolds asal Inggris memiliki banyak jenis dengan komposisi campuran bahan yang beragam. Seri-seri produk terbaik yaitu 931, 953, 631, dan 853 hanya dijual di Inggris. Sedangkan seri tubing chromoly 520 dan 500 lebih populer dan dijual ke luar negeri dalam bentuk satu set tubing untuk frame sepeda. Seri inilah yang banyak dipakai pada frame-frame sepeda produksi lokal kita.

Seri tubing chromoly 520 dan 500 bisa dibedakan oleh berat dan teknologi yang digunakan. Seri 520 memiliki teknologi ddouble/triple butted dengan ketebalan ekstra di kedua ujungnya yang mencapai 0,9 mm. Sedangkan tebal bagian tengah lebih tipis, 0,6 mm. Tekanan paling kuat saat sepeda digunakan adalah pada ujung sambungan-sambungannya. Jenis ini cocok untuk sepeda touring dan gravel. Seri ini digunakan oleh beberapa merk sepeda vintage seperti Bridgestone, KHS Montana, Diamond Back, dan Richey.

Seri 500 memiliki ketebalan 1 mm single-butted alias ketebalan pipa sama. Lebih tebal dibandingkan seri 520 hingga sedikit lebih berat. Namun, karena lebih tebal itulah, 500 lebih banyak dipakai pada sepeda dengan aktivitas lebih berat.

Keunggulan Frame Chromoly

Strength

Frame sepeda chromoly terkenal sangat kuat. Dibandingkan dengan alloy atau carbon, frame chromoly menjadi yang paling berat, tapi memiliki kelenturan dan kekuatan yang lebih dibandingkan dengan alloy dan hi-ten steel. Chomoly memiliki keunggulan di sisi kekuatan yang bisa mencapai 560 MPa (81200 psi) jauh lebih kuat daripada hi-ten yang hanya memiliki kekuatan 385 MPa (55800 psi), dengan kekuatan yang lebih tinggi, memungkinkan produsen untuk membuat tubing yang lebih tipis, sehingga menghasilkan bobot frame sepeda yang lebih ringan secara keseluruhan. Sebagai perbandingan, jika ada 2 buah pipa tubular sepanjang 1m dengan ketebalan 2 mm yang dibuat dari material hi-ten dan chromo, maka beratnya hampir sama. Tapi karena chromoly mempunyai kekuatan yang lebih baik, maka untuk mencapai kekuatan yang sama dengan besi, chromoly dapat dibuat lebih tipis. Dengan menggunakan material chromoly yang lebih sedikit/lebih tipis untuk mencapai kekuatan yang sama maka bobot frame chromoly lebih ringan dibandingkan hi-ten. Lebih mudah dibentuk, menghasilkan bentuk frame yang lebih variatif dan aerodinamis.

Flexibility

Chromoly terkenal elastis hingga mampu menyerap dan meredam getaran/ guncangan dengan baik. Karakter inilah yang membuat Chomoly banyak digunakan pada sepeda-sepeda jarak jauh dan off road sejenis commuter, touring dan gravel. Salah satu pabrikan sepeda terkenal Surly menggunakan chromoly untuk bahan frame sepeda commuter produksinya. Sedangkan sepeda lipat bahan chromoly yang paling terkenal adalah Brompton.  Meskipun kebanyakan berjenis fork rigid namun tetap bisa tetap nyaman digunakan di medan yang tidak rata sekalipun seperti jika memakai suspensi. Lebih nyaman dibandingkan frame dengan bahan alumunium maupun carbon.

Durability

Brompton sepeda lipat bahan chromoly

Chromoly lebih tahan terhadap korosi /karat dibandingkan baja. Ini bukan berarti chromoly tidak bisa berkarat.

Berbeda dengan bahan alloy atau carbon yang langsung patah atau retak jika terkena benturan dan beban berlebihan, frame sepeda chromoly tidak akan langsung patah dan hanya akan bengkok atau sedikit penyok. Karakter ini membuatnya lebih aman bagi para rider. Mudah diperbaiki jika mengalami keretakan. Frame chromoly cukup diluruskan kembali atau dilas dan langsung bisa digunakan kembali.

Kelemahan Frame Chromoly

Selain lebih berat, chromoly juga lebih flexy hingga memiliki power transfer yang lebih buruk dibanding alumunium dan carbon, kurang stiff, tidak cocok untuk sepeda berjenis race seperti road bike.

Tidak seperti Hi-Tensile Steel yang bisa dilas dengan alat las biasa, frame Chromoly hanya bisa dilas dengan menggunakan TIG Welding (Tungsten Inert Gas Welding).

Ciri - ciri Frame Chromoly

  • Tidak berkarat. Atau hanya dijumpai sangat sedikit karat.
  • Warna asli tanpa cat abu-abu gelap. Jika digosok lebih mengkilap dibandingkan hiten.
  • Sambungan las, kecil-kecil seperti pada besi. karena lebih tipis, jika diketok suaranya lebih nyaring dari pada besi.
  • Terdapat sticker di frame sepeda bertuliskan "Cr-MO", kode C pada frame sepeda Federal dan Ferro tech pada sepeda Polygon

Sepeda Chromoly Terbaik

  • Hampir sebagian besar frame Sepeda Surly menggunakan bahan chromoly, seperti Surly Pacer, Surly Disk Trucker, Surly Cross Check dll
  • Sepeda commuter dan vintage MTB : Sepeda Federal seri competition, tom cat, panther, tomhawk, alpenz. MTB Toyo Asahi. Suzuki Tech 500. Produsen custom frame sepeda dari Malang, Babah Bikes membuat sepeda frame sepeda MTB dari bahan chromoly.
  • Sepeda lipat frame chromoly terbaik antara lain merk Brompton, Element Nicks, Pasific  Chromoly Analog 2.2, Dahon D8, Dahon Speed TR, Dahon Ion Sanjose 20' Chromoly, fnhon storm Chromoly.  Frame sepeda lipat lokal merk Kreuz buatan Bandung juga menggunakan bahan chromoly.
  • BMX Senator Lycan, BMX United Ryker, WTP Crysis, BMX Fly Proton, Kink Gap, Cult Control, Eastern Bikes Element 20-Inch, Mongoose Brawler 20. Mongoose Legion L40 2022 20", Eastern Bikes Traildigger 20-Inch
Referensi:

Posted in , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by Lite Themes.